Para pendaki gunung mengenang Nepal dengan puncak tertinggi di dunia dipegunungan Himalaya yang berdiri kokoh diperbatasan Negara tersebut dengan China. Sherpa salah satu suku bangsa yang hidup di Nepal secara tradisi merupakan para pemandu ulung bagi para penakluk puncak Himalaya. Nepal merupakan wilayah yang terkunci dari wilayah laut berada di ketinggian Himalaya menjadikannya sebagai Negara dengan letak geografis tertinggi di Bumi. Kathmandu, Ibukota Nepal berada sebuah lembah di ketinggian rata rata 1400 meter dari permukaan laut.
Nepal, Negara republik paling baru terbentuk setelah selama 250 tahun berbentuk monarki Hindu dibawah pimpinan seorang raja. Nepal merupakan tanah kelahiran Sidharta Budha Gautama tokoh paling penting agama Budha, Sidharta Budha Gautama lahir di Nepal pada tahun 563SM, Agama Budha pernah menjadi agama mayoritas di Nepal dan menjadi agama Negara. Sampai kemudian berubah menjadi Kerajaan Hindu di tahun 200SM paska invasi dinasti Gupta dari India utara yang beragama Hindu ke wilayah Nepal. Dan sejak tahun 2008 lalu Nepal mengesahkan dirinya sebagai sebuah Negara Republik Demokratik Federal, seiring dengan jatuhnya kekuasaan Raja Nepal terahir Raja Gyanendra shah.
Di negeri dengan penduduk mayoritas Hindu ini, Islam hadir sejak lebih dari 480 tahun yang lalu. Di kota Kathmandu kini berdiri dua masjid besar bersejarah yang lokasinya berada di kawasan bergengsi dipusat kota Kathmandu tak jauh dari (bekas) Istana Raja Nepal. Dua masjid besar tersebut adalah Masjid Kashmiri Taqiya yang akan kita ulas dalam artikel ini dan Jama Masjid Kathmandu. Dua masjid berada di kawasan yang sama dan hanya terpisah beberapa blok bangunan.
Tentang Nepal
Wilayah Negara Nepal seluas 140.800km2, sedikit lebih kecil dari luas propinsi Kalimantan Barat (147.800km2). Beriklim dingin menyengat di bagian utara dan sedikit hangat di bagian selatan, berbatasan dengan dua negara besar, Cina dan India. Berpenduduk lumayan padat, sekitar 27.676.547 orang, terdiri dari berbagai suku, antara lain Brahman, Chetri, Newar, Gurung, Magar, Tamang, Rai, Limbu, Sherpa dan Tharu, mayoritas menganut agama Hindu (86,2%), Budha (7,8%), Islam (3,8%) dan lainnya 2,2%.
Lokasi dan Alamat Masjid Kashmiri Taqia - Nepal
Dunbar Marg, Ratna Park, Kathmandu, Nepal
Telepon : 0097-98415373657
Islam di Nepal
Merujuk kepada hasil sensus penduduk Nepal tahun 1991 penduduk muslim di Nepal menempati urutan ke 3 dengan jumlah populasi sebesar 591,340 jiwa dibawah pemeluk agama Hindu dan Budha. Setara dengan 3.8% dari keseluruhan penduduk Nepal. Angka tersebut ditengarai jauh lebih kecil dari angka sebenarnya.
Secara garis besar muslim Nepal dibagi ke dalam 4 etnis besar masing masing adalah Muslim India, Khasmir (Khasmiri), Tibet (Tibetan) dan Muslim asli Nepal (Nepali). Selain itu masih ada lagi muslim Nepal gunung yang memang tinggal di kawasan pegunungan, mereka merupakan keturunan dari orang tua campuran dan rata rata merupakan keturunan dari ibu yang merupakan orang Nepal gunung. Perbedaan etnis tersebut secara kasar dapat terlihat dari penampilan fisik mereka, bahasa sehari hari yang digunakan, budaya dan juga mereka memang tidak berbaur satu dengan yang lainnya.
Islam pertama kali diperkenalkan di Nepal oleh para saudagar Arab di abad ke 5 Hijriah/11 Masehi yang datang ke lembah Kathmandu untuk berniaga. Setelah itu sebagian tentara muslim dari pasukan Ikhtiyar Uddin Muhammad bin Bakhtiyar Khilji yang menginvasi Tibet di tahun 1206 pernah menjejakkan kaki di Nepal untuk beberapa waktu, Ikhtiyar Uddin adalah panglima pasukan Sultan Qutb uddin Aybak dari Kesultanan Delhi, yang menguasai kawasan barat laut India berpusat di Delhi.
Sedangkan muslim Kashmir (India) dipercaya sebagai muslim pertama yang bedomisili di Nepal. Gelombang pertama muslim Khasmir masuk dan menetap di Nepal pada masa kekuasaan Raja Ratna Malla (1482-1520) dari dinasti Malla. Mereka merupakan para saudagar yang melakukan perdagangan dengan Tibet lalu juga berdagang di Nepal. Barang dagangan mereka berupa karpet, bahan bahan kulit binatang dan bahan bahan yang terbuat dari woll.
sholat
jum’at di Khasmiri Taqia
5 Agustus 2011.
|
Kasta Masyarakat Nepal Paling Bawah
Gelombang kedua muslim India masuk ke Nepal dan tinggal di di wilayah Terai (perbatasan India dan Nepal) pada abad ke 19 tepatnya di tahun 1857M. Tahun 1857 wilayah Terai diakuisisi oleh Nepal di bawah Perdana Menteri Jung Bahadur bersama kerajaan Inggris. Hal tersebut sebenarnya upaya Inggris agar muslim tidak terkonsentrasi di India yang semakin membahayakan penjajahan Inggris atas India. Di bawah tekanan penjajah Inggris, Muslim di daerah perbatasan mengungsi ke wilayah Terai yang dijadikan wilayah Nepal. Sejak saat itu Muslim tunduk pada undang-undang Kerajaan Nepal tahun 1853 sebagai warga Negara dengan kasta terendah.
Sebagian besar muslim di wilayah Terai tersebut bukanlah pendatang namun menjadi bagian muslim Nepal karena 4 distrik territorial mereka yang tadinya merupakan wilayah India utara dimasukkan ke dalam teritori Nepal oleh Inggris sebagai hadiah untuk raja Nepal yang membantu Inggris dalam perang terhadap kerajaan Nawab dari Oudh yang ingin merdeka.
Muslim dari Tibet masuk ke Nepal awalnya juga untuk berdagang dan kemudian menetap di Nepal. Dalam sebuah kunjungan kenegaraan Raja Ratna Malla ke Lhasa, beliau juga mengundang para pengusaha muslim Tibet untuk membuka usaha di Kathmandu. Dan muslim pendatang dari Tibet bertambah di era 1960-an sebagai akibat gejolak politik di Tibet. Kini muslim Tibet yang ada di Nepal sudah berbaur dengan warga setempat baik bahasa, budaya hingga cara berpakaian merekapun sudah seperti orang Nepal. Muslim keturunan Tibet rata rata sukses, mereka masih melanjutkan bisnis dengan Tibet tanah leluhur mereka dan tentunya dengan China yang kini berkuasa di Tibet.
Selama berabad abad lamanya muslim Nepal hidup dalam ketertindasan penguasa dan mengalami ketertinggalan hampir disegala bidang salah satu sebabnya adalah status sosial mereka yang berada di kasta paling bawah menyebabkan mereka tak memiliki akses ke dunia pendidikan hingga politik. Tahun 1951 kekuasaan rezim dinasti Rana Berahir. Raja baru kurang bersimpatik dengan Muslim karena dianggap orang orang dekatnya dinasti sebelumnya. Perubahan kondisi politik mulai terjadi di tahun 1959 dengan keluarnya konsitusi baru dan pembentukan pemerintahan yang dipilih secara demokratis dengan B.P. Koirala sebagai perdana menteri, namun kemudian sistim pemerintahan yang baru terbentuk ini dibubarkan oleh raja Mahendra setahun kemudian Dan menggantinya dengan sistim monarki terpimpin yang baru.
Namun sejak tahun 1960 itu pula tersebut raja Mahendra menghapus Undang undang tahun 1853 dengan menerbitkan undang undang baru yang mengangkat status kewarganegaraan muslim setara dengan warga negara lainnya. Meskipun UU tahun 1963 ini memberikan kebebasan beragama namun tetap melarang perpindahan agama (dari Hindu ke Islam) dan tetap melarang perceraian sebagaimana diatur dalam UU tahun 1853. Pelanggaran terhadap aturan tersebut akan dikenakan penjara selama 3 tahun. Raja Mahendra juga mengangkat satu orang wakil dari muslim untuk duduk di Dewan Perwakilan Nasional (Panchayat) dan tidak ada larangan bagi pendirian madrasah.
Perubahan politik Nepal terjadi lagi ketika Nepal bertransformasi dari system monarki Hindu kepada system demokrasi multi partai di tahun 1990 Perubahan tersebut juga memberi perubahan signifikan bagi muslim Nepal. Dengan keluarnya undang undang kesetaraan tanpa diskriminasi agama, ras, jenis kelamin, kasta, suku ataupun ideologi. Dan dengan sendirinya mengahapus superioritas Hindu selama berabad abad di negeri itu.
Hasilnya adalah 31 pemimpin muslim dapat ikut serta untuk pertama kali dalam kancah politik Nepal dengan ambil bagian dalam pemilu tahun 1991 dan lima dari mereka berhasil terpilih. Tiga dari mereka masuk dalam jajaran anggota kongres Nepal (dari partai komunis dan partai Sadbhavana) sedangkan Sheikh Idris yang menjadi anggota kongres juga masuk ke dalam jajaran kabinet.
Muslim Nepal kini sedang berjuang mendapatkan hak atas 10% jatah kursi di dewan perwakilan, kursi di parlemen dan meminta pengesahan hari besar Islam sebagai hari libur nasional. Lebih radikal lagi sekelompok muslim disana berjuang untuk mendapatkan identitas tersendiri bagi muslim Nepal. Segera setelah terjadi perubahan konstitusi tersebut, imam Masjid Jami Kathmandu memimpin satu delegasi menghadap Perdana Menteri K.P. Bhattarai mengajukan 14 poin permintaan.
18 Mei 2006 Parlemen Sementara Nepal mengesahkan undang undang baru yang secara tegas menyebutkan bahwa Nepal merupakan sebuah Negara merdeka, berdaulat dan Sekuler. Undang undang tersebut kemudian dimasukkan ke dalam Konstitusi Sementara di bulan Mei tahun 2007 yang menyatakan bahwa Nepal adalah sebuah negara yang Independen, invisible, berdaulat, sekuler dan inklusif serta Negara yang berdemokrasi secara penuh. Dewan perwakilan yang terpilih dalam pemilu di tahun tersebut harus mengesahkan hal teresebut.
Seorang anak sedang khusuk berdoa di masjid Khasmiri Taqia di bulan Ramadhan / Agustus 2011 yang lalu |
Ancaman Terhadap Pimpinan Organisasi Islam
Nepal
Salah satu organisai Islam di Nepal yang berupaya meningkatkan pendidikan ummat
Islam Nepal adalah Persatuan
Islam (islami Sangh), Sekretaris Jendral organisasi ini bernama Faizan Ahmad
Ansari pada tanggal 26 September 2011 silam menjadi korban penembakan oleh dua
orang pria bersenjata tak dikenal dan nyawanya tak tertolong. Kala itu beliau
baru saja selesai menunaikan sholat di masjid yang lokasinya justru di depan
pos polisi di kawasan metropolitan Kathmandu. Di bawah guyuran hujan deras dua
pria berjas hujan memberondong beliau dengan peluru hingga tewas. Pembunuhan
itu memicu protes dan kemarahan dari pendukung dan keluarga beliau. Beliau bukan
satu satunya pemimpin muslim yang menjadi korban pembunuhan di Nepal, sebelumnya
seorang pengusaha media muslim setempat, Jamin Sahah juga mengalami nasib serupa
dalam waktu yang tak berselang terlalu lama.
Serangkaian pembunuhan dan percobaan
pembunuhan terhadap tokoh tokoh muslim di Nepal mengundang kecaman dari
berbagai pihak termasuk dari tokoh tokoh agama selain Islam di Nepal. Peristiwa
tersebut berujung kepada pencopotan kepala kepolian Kathmandu dan pembentukan komisi
penyidik kasus pembunuhan tersebut namun tak membuahkan hasil. Lebih jauh ummat
Islam Nepal kini menuntut pengunduran diri wakil Perdana Meteri dan Menteri
dalam Negeri Nepal sebagai bentuk tanggung jawab atas serangkaian pembunuhan
terhadap tokoh tokoh Islam di negeri tersebut.
Al Qur’an berbahasa Nepal
Muslim Nepal kini bisa memiliki kitab suci Al Qur’an
terjemahan bahasa Nepal sebagai upaya penyebaran dakwah di kalangan umat Islam
di sana. Terjemahan Al-Quran berbahasa Nepal mencakup 1.168 halaman, ditulis dengan tulisan
Nepal dengan menyertakan ayat-ayat Al-Quran yang diterjemahkan dalam tulisan
Arab. Untuk tahap pertama, terjemahan Al-Quran berbahasa Nepal dicetak lebih dari 5.000 eksemplar, 2.500
diantaranya dikirim ke New Delhi (India), Buthan, dan Myanmar hingga kemudian
semakin banyaklah Muslim Nepal yang mengenal
kembali Islam lewat ayat-ayat Al Qur’an dalam bahasa yang mereka pahami.
Seorang anak sedang khusuk berdoa di masjid Khasmiri Taqia di bulan Ramadhan / Agustus 2011 yang lalu |
Sejarah
Masjid Khasmiri Taqia - Nepal
Masjid Khasmiri Atau Masjid Khasmiri Pancha
Taqia dibangun pertama kali oleh seorang ulama Islam Khasmir pada tahun 1524M
di masa kekuasaan raja Rama Malla (1484-1520). Masjid ini merupakan masjid
pertama dan terbesar di Nepal. Keturunan beliau
dan para pengikutnya kini masih eksis di Kathmandu. Beliau merupakan salah satu
dari pedagang khasmir yang sukses di Kathmandu, menjalankan bisnis
perdagangannya dengan Tibet dan India dengan berpusat di Kathmandu.
Beliau dan para pegadang Khasmir lainnya
ketika itu mendapatkan izin dari raja untuk berdagang dan menetap di Kathmandu
dengan satu syarat agar tidak menyebarkan Islam kepada pemeluk agama Hindu.
Masjid yang dibangun hanya untuk kepentingan ibadah bagi muslim yang ada dan
tidak untuk dijadikan sebagai pusat pengembangan Islam kepada pemeluk agama
Hindu.
Masjid yang sudah berumur lebih dari 480
tahun ini sempat mengalami kerusakan parah akibat serangan sekitar 4000 massa
pada tanggal 1 September 2004 lalu. Serangan tersebut menyusul terjadinya
insiden terbunuhnya 12 pekerja Nepal yang diculik oleh milisi bersenjata di Iraq.
Warga Nepal kemudian melampiaskan kemarahan atas insiden tersebut dengan
menyerang Masjid Khasmiri Takiya. Merusak dan menyeret keluar perabotan masjid
dan membakar ruangan utama masjid Khasmiri.
Beruntung aksi tersebut berhasil dibubarkan
oleh pasukan polisi anti huru hara Nepal hingga tindak anarkis tersebut tak meluas.
Polisi juga sempat menutup kawasan tersebut yang tak jauh dari (bekas) istana
Kerajaan Narayanhity dan memberlakukan jam malam selama beberapa waktu,
melarang penduduk keluar rumah di malam hari dan mengeluarkan perintah tembak
di tempat bagi pelaku kerusuhan lanjutan. Kelompok massa yang sama sebelumnya
juga telah mendemo dan merusak lusinan kantor perusahaan pengerah tenaga kerja
yang dipersalahkan karena telah mengirim warga Nepal ke Iraq. Kerusuhan ini dikenal dengan
sebutan black Wednesday.
Meski masjid ini dibangun dan dikelola oleh
muslim khasmir, namun terbuka untuk semua kalangan. Khutbah jum’at disampaikan
dalam bahasa Arab. Jabatan Imam saat ini dipegang oleh Ali Manzar. Di saat
penyelenggaraan sholat jum’at dan dua sholat hari raya masjid ini penuh sesak
oleh jemaah pria sampai ke atap dan areal sekitar masjid.
Bangunan utama Masjid Khasmiri Taqia, dihalaman tengah masjid Khasmiri Taqia. |
Arsitekrual
Masjid Kashmiri Taqia - Nepal
Bangunan utama Masjid Khasmiri Taqia
merupakan bangunan masjid yang sangat kental dengan sentuhan India utara
sebagai tanah leluhur dari muslim Khasmiri di Nepal. Menara menara kecil
menghias atap masjid. Tiga kubah batu menghias atap bangunan utama. Sentuhan
seni dinasti Mughal terlihat disini dan pada menara menara kecilnya.
Masjid Khasmiri Taqia dilengkapi denga
halaman tengah yang cukup luas. Bangunan koridor berlantai tiga mengitari
halaman tengah ini. bangunan koridor ini memiliki daya tampung jauh lebih besar
dibandingkan dengan bangunan utama masjid. Halaman tengah masjid ini juga
difungsikan sebagai areal tempat sholat. Bangunan koridor yang mengitari
halaman tengah masjid ini memiliki seni bangunan yang khas. Dengan lengkungan
yang tidak biasa. Lengkungan yang biasa kita kenal adalah sebuah lengkungan
lengkungan yang rata. Namun lengkungan di masjid ini dibentuk sedemikian rupa
dengan lengkungan yang lebih kecil.
Yang lebih menarik adalah disedikannya sebuah
tempat khusus untuk muazin mengumandangkan azan. Bangunan seperti menara tapi
tidak terlalu tinggi, di salah satu penjuru bangunan koridor. Dan bila
didengarkan video di bawah ini, kumandang azan di masjid Nepal ini sangat jauh
berbeda langgamnya dengan kumandang azan yang biasa kita dengar di Nusantara
hingga kawasan semenanjung Malaya.
Azan di Indonesia biasanya dilantunkan dengan
lafaz yang panjang dan mendayu dayu merdu. Di Masjid Khasmiri Takiya azan nya lebih
datar meski lafaznya juga panjang panjang. Namun tentu saja kumandang azan
seperti ini terdengar asing bagi muslim Indonesia dan Muslim Nusantara.
Bagaimanapun lain lubuk lain ikannya, lain laing lain pula belalangnya. Tapi
justru itu salah satu letak indahnya keragaman. Menambah khazanah dunia Islam.***
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Dilarang berkomentar berbau SARA